Bordetella pertussis

Bordetella pertussis. Pewarnaan Gram. (© 2008 Kenneth Todar, PhD)

Batuk rejan (pertusis) disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis. B. pertusis adalah coccobacillus sangat kecil Gram-negatif yang muncul tunggal atau berpasangan. Metabolismenya berlangsung secara aerob, tidak pernah fermentasi. Secara taksonomi pada Bergey’s Manual, Bordetella ditempatkan di antara “batang aerobik Gram-negatif dan cocci”. Bordetella tidak dimasukkan dalam famili manapun. Bakteri ini sangat pemilih dalam hal nutrisi, sehingga biasanya ditanam pada media yang kaya dilengkapi dengan darah (blood agar). Namun, kultur juga dapat dilakukan dalam medium sintetis,  yang berisi buffer, garam, asam amino sumber energi, dan faktor pertumbuhan, seperti nicotinamide. Bahkan pada blood agar organisme tumbuh lama dan memerlukan 3-6 hari sebelum memperlihatkan bentuk koloni.

Bordetella pertussis mengkolonisasi silia dari epitel pernapasan mamalia. Secara umum, diperkirakan bahwa B. pertusis tidak menginvasi jaringan, tetapi beberapa penelitian terbaru telah menunjukkan ditemukannya bakteri dalam alveolar makrofag. Bakteri ini merupakan patogen bagi manusia dan mungkin untuk primata yang lebih tinggi, dan tidak ada reservoir lainnya yang diketahui. Pertussis (batuk rejan) adalah penyakit yang relatif ringan pada orang dewasa namun memiliki angka kematian yang signifikan pada bayi. Sampai imunisasi diperkenalkan pada 1930-an, batuk rejan adalah salah satu penyakit yang paling sering dan berat yang menyerang bayi.

Kolonisasi sel epitel trakea oleh Bordetella pertussis

Sumber:

Kenneth Todar, Ph.D. All rights reserved. – Bordetella pertussis and Whooping Cough, http://www.textbookofbacteriology.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s